VIXEP - Make it, Share it, Play it
Welcome to VIXEP CITY :vixep:!

Silahkan Log In terlebih dahulu jika anda sudah memiliki VIXEP Account, supaya anda dapat melakukan posting dan bergabung dengan VIXEP Citizen yang lainnya :D

Jika anda belum memiliki VIXEP Account, silahkan Register terlebih dahulu untuk memulai kehidupan baru di VIXEP CITY :D

- VIXEP Staff -


VIXEP - Make it, Share it, Play it
 
HomePortalUUDFAQSearchMemberlistUsergroupsRegisterLog in

Share | 
 

 [GM Minigame] AaaaA* Chasing Minigame

View previous topic View next topic Go down 
AuthorMessage
ListRA-92
Adv. Citizen A
Adv. Citizen A
avatar

Lokasi : antara ada dan tiada~ :-
Status : Who says a woman has to be weak?!!
Jumlah Post : 407
Voucher Voucher : 4451
Reppo : 2
Join Date : 2010-10-09

PostSubject: [GM Minigame] AaaaA* Chasing Minigame   Wed 24 Nov 2010, 18:48

Genre: Action Minigame
Engine: Game Maker


Selagi menekuni algoritma-algoritma yang dapat dimanfaatkan dalam berbagai game, seperti algortima Dijkstra, A*, dll, ane coba bikin minigame kejar2an, namanya: AaaaA* Chasing Minigame.

Overview
Dalam minigame ini, karakter (Xothex) akan terus-terusan dikejar oleh seorang cewek (entahlah siapa :-). Ia harus bertahan dan mengumpulkan item, jangan sampai tertangkap si cewek. Pergerakan si cewek semakin cepat. Setelah semua item terkumpul, sebuah portal (lingkaran hijau) terbuka, sehingga Xothex dapat keluar lewat itu.

Controls
Only arrow keys to move the character.

Feature
Berdasarkan konfigurasi pada options, gameplay menggunakan algoritma Dijkstra, Best-first Search atau algoritma A*, untuk mencari jalan terpendek dari posisi cewek ke posisi Xothex.

Screenshot
Awas gede!:
 

Download Link
http://www.yoyogames.com/games/153835-aaaaa-chasing-minigame
Mirror:
http://ifile.it/14rsfdz (v1.2)
http://ifile.it/lz2syjr (v1.3)

Versions Changelog
Version 1.3
- New title appearance and AaaaA* logo
- Added Best-first Search algorithm configuration for chaser's pathfinding (but might still rather unstable)
- Added configuration to use two or three chasers
- Dijkstra's algorithm now becomes faster
- A* algorithm also optimized
- Added terrains (grass, swamp and ice) that slows/fastens the character (Xothex) and chasers that step on them
- Added a powerup that temporarily increases Xothex's speed

Version 1.2
- Fixed bugs for A* algorithm script that sometimes causes lags and fails on pathfinding
- Map now bigger
- Now there are two chasers and speed shift delay of the chasers increased

Version 1.1
- Added A* algorithm beside Dijkstra's algorithm for chaser's pathfinding
- Added configurations for algorithms
- Gameplay is: collect all items to open the portal


Credits
Vsio
Game Maker 8

Tentang algoritma Dijkstra, lihat di: http://prodig.forumotion.net/programming-f28/programming-dijkstra-s-algorithm-find-your-shortest-way-t84.htm
Coding algoritmanya lihat di: http://prodig.forumotion.net/gml-f38/gml-dijkstra-s-algorithm-beta-t300.htm


Last edited by ListRA-92 on Mon 06 Dec 2010, 10:56; edited 4 times in total
Back to top Go down
View user profile https://bungatepijalan.wordpress.com
killswitch
New Citizen E
New Citizen E


Status : STR = 30 DEF = 24 + 6 INT = 35 -5 AGI = 60/2
Jumlah Post : 5
Voucher Voucher : 70
Reppo : 0
Join Date : 2010-11-20

PostSubject: Re: [GM Minigame] AaaaA* Chasing Minigame   Fri 26 Nov 2010, 07:14

Lucu juga konsepnya,
Algoritma Disjktra bagus tuh, lo udah pernah coba Floyd Warshall, Ant Colony atau A*? Algoritma terbaik saat ini masih A*, coba deh pelajari, game lo sangat berpotensi

coba lo tambah2in penghalang yang muncul secara acak atau yang bisa memperlambat laju Xothex, begitu pula si Xothex, tambahin item2 yang bisa diambil sepanjang permainan untuk dipakai sesuai keinginan pemaen, jadi bisa memperlambat/stop si cewe untuk sementara waktu

Kalo bisa spritenya dibagusin, jadi ni game bisa difeature di Yoyo

Anyway, wa seneng game macem gini
Back to top Go down
View user profile
ListRA-92
Adv. Citizen A
Adv. Citizen A
avatar

Lokasi : antara ada dan tiada~ :-
Status : Who says a woman has to be weak?!!
Jumlah Post : 407
Voucher Voucher : 4451
Reppo : 2
Join Date : 2010-10-09

PostSubject: Re: [GM Minigame] AaaaA* Chasing Minigame   Fri 26 Nov 2010, 10:02

@killswitch
Thanks atas komenmu :sembah:
Sebenarnya sih ane masih bermaksud iseng2 bikin, sekaligus juga mempelajari algoritma pathfinding, seperti Dijkstra dan A* :D

Tapi, wah.. ternyata qm juga pengen game ini difeature di YYG yah.. :D
Nanti kalo sempet, ya gamenya diperkaya.

Tapi sebelum itu...
Sekarang, dengan memperhitungkan kompleksitas waktu algoritma pada tiap langkah si pengejar, algoritmanya sudah di-improve. Masih menggunakan algoritma Dijkstra. Meski sudah dibuat lebih mangkus (efisien), namun kemangkusannya belum sampai memuaskan (kalo udah memuaskan, baru diperkaya gamenya :D).


Satu lagu yang kutahu, kenapa A* terbaik seperti yang anda katakan? Alasannya ya karena kompleksitas waktu algoritma2nya adalah sebagai berikut.
- Dijkstra's Algorithm; Worst case performance = O(|E| + |V| log |V|)
- Floyd Warshall Algorithm; Worst case performance = O(|V|3)
- A* Algorithm; Worst case performance depends on the heuristic. In the worst case, the number of nodes expanded is exponential in the length of the solution (the shortest path), but it is polynomial when the search space is a tree, there is a single goal state, and the heuristic function h meets the condition: |h(x)−h*(x)| = O(log h*(x))

dimana |E| = banyaknya sisi = banyaknya hubungan antarsel; |V| = banyaknya verteks = banyaknya sel kosong map grid.
Disini terlihat bahwa algoritma Dijkstra lebih efisien dari algoritma Floyd Warshall. Namun, keefisienan algoritma A* bergantung pada cara heuristic, pada keadaan tertentu, algoritma ini dapat menjadi lebih efisien dari algoritma Dijkstra. Oleh karena itu, selanjutnya ane akan membuat dan bereksperimen dengan algoritma A*

Inilah improve-an gamenya :kabur:
http://ifile.it/8hgt4od/aaa.exe
Back to top Go down
View user profile https://bungatepijalan.wordpress.com
rusdiy
Marine Knight
avatar

Lokasi : Indonesia
Status : Mulut ku robek! LAGI!!
Jumlah Post : 362
Voucher Voucher : 3417
Reppo : 9
Join Date : 2010-08-29

PostSubject: Re: [GM Minigame] AaaaA* Chasing Minigame   Fri 26 Nov 2010, 22:42

Kesimpulannya... Nih game bisa dipakai ngasah otak ato cuma casual gaming untuk hiburan ringan? Soalnya liat dari SS kurang menarik dan terlihat sangat mudah... Tapi membaca penjelasannya... :shock:

Saya cuma mastiin aja dulu... Kalo dah kerasa baru saya coba buat donlot...
XD
Back to top Go down
View user profile
ListRA-92
Adv. Citizen A
Adv. Citizen A
avatar

Lokasi : antara ada dan tiada~ :-
Status : Who says a woman has to be weak?!!
Jumlah Post : 407
Voucher Voucher : 4451
Reppo : 2
Join Date : 2010-10-09

PostSubject: Re: [GM Minigame] AaaaA* Chasing Minigame   Sat 27 Nov 2010, 16:57

@rusdiy
Makanya coba donlot dulu :kabur:
Dari SS sih emang keliatan sederhana, tapi gameplaynya pasti membuatmu tercengang.. XD

@killswitch
I've done an experiment with A* algorithm, but.. it makes the chaser (the girl) less smarter than Dijkstra's algorithm do. Yap, I used the heuristic function as: (x-position difference) + (y-position difference) for distance between those two positions. It sometimes makes the chaser movement stuck, when the target (Xothex) continues moving too. And it seems less eficient than Dijkstra's algorithm. So, I still decide to use Dijkstra's algorithm.
But anyway, I'll try to find the best heuristic function for A* algorithm..

Btw, to understand more about A* algorithm, please read article: http://en.wikipedia.org/wiki/A*_search_algorithm and http://theory.stanford.edu/~amitp/GameProgramming/ :kabur:

(thx, maap ya, aga enakan jelasin pake bhs Inggris gitu loh :-)
Back to top Go down
View user profile https://bungatepijalan.wordpress.com
rusdiy
Marine Knight
avatar

Lokasi : Indonesia
Status : Mulut ku robek! LAGI!!
Jumlah Post : 362
Voucher Voucher : 3417
Reppo : 9
Join Date : 2010-08-29

PostSubject: Re: [GM Minigame] AaaaA* Chasing Minigame   Sat 27 Nov 2010, 21:31

ooooh...
Tunggu Review aja dulu...

@yang dah donlot... gimana? asik gak?
Back to top Go down
View user profile
nisamerica
Tengkorak Hidup
avatar

Lokasi : Di tempat yang ada oksigennya
Status : Menutup Mata
Jumlah Post : 654
Voucher Voucher : 5434
Reppo : 10
Join Date : 2010-09-27

PostSubject: Re: [GM Minigame] AaaaA* Chasing Minigame   Sat 27 Nov 2010, 22:52

karena nanya jadi gwa jawab :kabur:

Isi gamenya cukup simpel, cuma gitu2 aja, lari2 dari cewe GaJe :kabur:
Sangat tidak disarankan untuk orang yang nyari gameplay :peace:

Nah, yang penting dari game ini tu algoritmanya ayng kompleks, dimana si pengejar bisa mencari jalan untuk mengejar tanpa harus terjebak di antara dinding :hmm:

Yang gwa ga ngerti tu, variabel vertices tu jarak dari vertex x ke y bukan?
Nah, kalo iya, bukannya bisa gerak diagonal? Soalnya variabelnya jarak, bukan posisi (sori ya, gwa ga tau sama sekali :swt: )
Back to top Go down
View user profile
rusdiy
Marine Knight
avatar

Lokasi : Indonesia
Status : Mulut ku robek! LAGI!!
Jumlah Post : 362
Voucher Voucher : 3417
Reppo : 9
Join Date : 2010-08-29

PostSubject: Re: [GM Minigame] AaaaA* Chasing Minigame   Sun 28 Nov 2010, 07:56

nisamerica wrote:
karena nanya jadi gwa jawab :kabur:

Isi gamenya cukup simpel, cuma gitu2 aja, lari2 dari cewe GaJe :kabur:
Sangat tidak disarankan untuk orang yang nyari gameplay :peace:

Nah, yang penting dari game ini tu algoritmanya ayng kompleks, dimana si pengejar bisa mencari jalan untuk mengejar tanpa harus terjebak di antara dinding :hmm:

Woooh.. :sweat:
liat dari penjelasan anda.. kaenya nih game membosankan.... CMIIW.... XD
tapi menurut TS.. gamenya mencengankan..... masih ingin melihat review selanjutnya...

Lirik Kiri lirik killswitch...
Back to top Go down
View user profile
ListRA-92
Adv. Citizen A
Adv. Citizen A
avatar

Lokasi : antara ada dan tiada~ :-
Status : Who says a woman has to be weak?!!
Jumlah Post : 407
Voucher Voucher : 4451
Reppo : 2
Join Date : 2010-10-09

PostSubject: Re: [GM Minigame] AaaaA* Chasing Minigame   Sun 28 Nov 2010, 11:11

Maklum cuma iseng2 bikin koq Lirik Kiri
Lagian, durasi gameplaynya cuma maksimal 1 menit koq Lirik Kiri
Saat ini sih.. yg diperatiin algoritmanya dulu :kabur:
Nanti setelah algo-nya mantap, baru diperkaya, mungkin bakalan dijadiin kaya Pac-Man :-
Back to top Go down
View user profile https://bungatepijalan.wordpress.com
ListRA-92
Adv. Citizen A
Adv. Citizen A
avatar

Lokasi : antara ada dan tiada~ :-
Status : Who says a woman has to be weak?!!
Jumlah Post : 407
Voucher Voucher : 4451
Reppo : 2
Join Date : 2010-10-09

PostSubject: Re: [GM Minigame] AaaaA* Chasing Minigame   Mon 29 Nov 2010, 18:14

Setelah mengutak-atik algoritma yang satu lagi, yaitu algoritma A*, akhirnya sudah diimplementasikan dalam game ini. Tapi maap, script algoritma A* masih belum mantap. Dan lagi karena itu, si pengejar tetap satu. Ditambah lagi, tujuan gameplay sekarang adalah mengumpulkan semua item untuk membuka portal (mirip Pac-Man lah :kabur:).

Btw, ini link donlot yang baru di YoYo Games: http://www.yoyogames.com/games/153835-aaaaa-chasing-minigame :kabur:
Back to top Go down
View user profile https://bungatepijalan.wordpress.com
ListRA-92
Adv. Citizen A
Adv. Citizen A
avatar

Lokasi : antara ada dan tiada~ :-
Status : Who says a woman has to be weak?!!
Jumlah Post : 407
Voucher Voucher : 4451
Reppo : 2
Join Date : 2010-10-09

PostSubject: Re: [GM Minigame] AaaaA* Chasing Minigame   Thu 02 Dec 2010, 14:14

Akhirnya.. game ini sudah stable dan final.. XD
Berikut ini changelognya :kabur:
Version 1.2
- Fixed bugs for A* algorithm script that sometimes causes lags and fails on pathfinding
- Map now bigger
- Now there are two chasers and speed shift delay of the chasers increased

Version 1.1
- Added A* algorithm beside Dijkstra's algorithm for chaser's pathfinding
- Added configurations for algorithms
- Gameplay is: collect all items to open the portal

Tinggal donlot ulang aja linknya (di YYG) and have fun ;)
Btw, ini link mirrornya: http://ifile.it/14rsfdz :kabur:
Back to top Go down
View user profile https://bungatepijalan.wordpress.com
Gin Leive
Left Armless Knight
Left Armless Knight
avatar

Lokasi : Kamar (On Balcony)
Status : Fire Knight From Goltav Fire Kingdom
Jumlah Post : 1136
Voucher Voucher : 11004
Reppo : 4
Join Date : 2010-08-29

PostSubject: Re: [GM Minigame] AaaaA* Chasing Minigame   Thu 02 Dec 2010, 17:50

@ Listra : wa minta ijin sedot yaa???
buat di ojek gwa :haha:

ntar wa masukin ke credits :peace:

◘ ◘ ◘ ◘ ◘ ◘ ◘ ◘ ◘ ◘ ◘ ◘

_______________

Project Proggress : Tale Before Sleep : The Fallen God : 24%

:sembah: Doakan Agar Cepat Selesai yaa ???

Over And Out !
Back to top Go down
View user profile
ListRA-92
Adv. Citizen A
Adv. Citizen A
avatar

Lokasi : antara ada dan tiada~ :-
Status : Who says a woman has to be weak?!!
Jumlah Post : 407
Voucher Voucher : 4451
Reppo : 2
Join Date : 2010-10-09

PostSubject: Re: [GM Minigame] AaaaA* Chasing Minigame   Mon 06 Dec 2010, 10:59

Version 1.3 released!

Berikut ini changelognya :kabur:
Version 1.3
- New title appearance and AaaaA* logo
- Added Best-first Search algorithm configuration for chaser's pathfinding (but might still rather unstable)
- Added configuration to use two or three chasers
- Dijkstra's algorithm now becomes faster
- A* algorithm also optimized
- Added terrains (grass, swamp and ice) that slows/fastens the character (Xothex) and chasers that step on them
- Added a powerup that temporarily increases Xothex's speed

Dan.. ini skrinsyutnya yg baru:
Awas gede!:
 

Tinggal download ulang link YYGnya atau mirrornya: http://ifile.it/lz2syjr
Back to top Go down
View user profile https://bungatepijalan.wordpress.com
Sponsored content




PostSubject: Re: [GM Minigame] AaaaA* Chasing Minigame   

Back to top Go down

 

[GM Minigame] AaaaA* Chasing Minigame

View previous topic View next topic Back to top 

 Similar topics

-
» Review: Chasing Dead (Wii U eShop)
Page 1 of 1

Permissions in this forum:You cannot reply to topics in this forum
VIXEP - Make it, Share it, Play it :: Kelompok Kreatif :: Game Making Projects-