VIXEP - Make it, Share it, Play it
Welcome to VIXEP CITY :vixep:!

Silahkan Log In terlebih dahulu jika anda sudah memiliki VIXEP Account, supaya anda dapat melakukan posting dan bergabung dengan VIXEP Citizen yang lainnya :D

Jika anda belum memiliki VIXEP Account, silahkan Register terlebih dahulu untuk memulai kehidupan baru di VIXEP CITY :D

- VIXEP Staff -


VIXEP - Make it, Share it, Play it
 
HomePortalUUDFAQSearchMemberlistUsergroupsRegisterLog in

Share | 
 

 Mistis2 di Bali

View previous topic View next topic Go down 
AuthorMessage
superkudit
Pahlawan Super
avatar

Lokasi : Bali
Status : Iam a Hero
Jumlah Post : 448
Voucher Voucher : 3597
Reppo : 14
Join Date : 2010-09-04

PostSubject: Mistis2 di Bali   Mon 06 Sep 2010, 12:07

hal2 magis tidak bisa dilepaskan dari kehidupan masyarakat di bali. dari keseharian, upacara atau semacamnya.
masyarakat di bali sangat menghormati sesuatu yang Niskala (tak kasat mata), dan sebagai orang bali saya akan sedikit berbagi apa yang saya ketahui tentang hal2 mistis di bali.

1. Pengleakan
merupakan ilmu hitam yang berasal dari bali, pada umumnya mereka yang melakukan pengeleakan memperoleh keabadian (tidak bisa mati). ilmu pengleakan memiliki beberapa tingkatan itu terlihat dari wujudnya ketika nge-leak, yang paling rendah adalah berubah menjadi seekor dog, sedangkan yang paling tinggi adalah menjadi seekor kera.
Ilmu pengleakan merupakan hal yang tabu untuk dibicarakan di bali, seseorang yang diketahui memiliki ilmu ngeleak tidak
boleh disinggung tentang ilmunya, apalagi berbondong2 kerumahnya sambil membawa obor dan meneriakinya, karena konon seseorang yang ilmu pengleakannya tinggi bisa membunuh orang satu desa dalam satu malam.

2. Leak
berbeda dengan pengleakan, kalau pengleakan adalah ilmunya, sedangkan Leak merupakan mahluk Niskala (tak kasat mata) yang berada di bali. beberapa Leak hanya bersifat mengganggu, namun ada juga yang dapat membunuh seseorang dengan cara yang mengerikan.

3. Rangda
merupakan perwujudan amarah dewi Durgha, istri dari dewa siwa (mitologi Hindu bali). Rangda merupakan ratu dari para leak. wujudnya adalah mata melotot, kuku yang panjang2, gigi taring yang sangat panjang, lidah yang menjulur sampai kaki dan terdapat banyak bola api diatas lidahnya dan membawa kain putih di tangannya.
Rangda biasanya muncul di Pura Dalem (pura tempat memuja dewa Siwa, selalu berada di dekat kuburan) pada hari2 tertentu,
konon seseorang yang melihat Rangda akan sakit parah selama 3 hari, dan seseorang yang disentuh dengan kain putih milik rangda akan mati dan tidak dapat lahir kembali (Reinkarnasi)
jika anda melihat rangda, sebaiknya lari sekencang2nya ke tempat yang sejauh2nya, jika anda beruntung anda masih bisa hidup lebih lama.

Rangda
Spoiler:
 

4. Celuluk
celuluk adalah salah satu antek2 rangda, wujudnya adalah mata yang berlubang, gigi yang besar2 dan kepala yang botak bagian depan. Celuluk tidak bisa membunuh manusia karena dia adalah Leak yang sangat penakut. namun celuluk sanga suka menakut2i manusia. Celuluk memiliki tawa yang sangat mengerikan dan wujud yang seram, namun jika kita mengancam Celuluk, dia akan ketakutan dan menghilang.
Celuluk biasa muncul di hutan2, sungai, jembatan yang sepi, serta perempatan jalan yang dekat dengan kuburan.
Celuluk lebih sering muncul dihadapan manusia ketimbang leak2 lainnya.

daftar penampakan celuluk yang pernah saya dengar :
- Jembatan besar Nungnung, Petang, Tabanan
- Perempatan menuju pura Dalem desa Timpag, Tabanan << kampung saya
- Sungai besar di bawah jalan raya Tanah Lot, Munggu, Badung
- Kawasan wisata kebun raya, Bedugul, Tabanan

Celuluk
Spoiler:
 

5. Calonarang
ini merupakan seni pertunjukan di bali yang masih sering dipentaskan sampai sekarang, pemain calonarang adalah seorang Balian (dukun) yang memilikin kesaktian tinggi, inti dari pertunjukan ini adalah memanggil Leak2 disekitar tempat pertunjukan untuk diadu kesaktiannya dengan leak2 tersebut, jika si Balian kalah maka Balian tersebut akan mati.
acara ini sangat bergengsi dikalangan Balian2 dan umumnya bertujuan untuk unjuk kesaktian atau agar diakui oleh orang lain bahwa dia memiliki kesaktian yg tinggi.
Pertunjukan Calonarang dimulai tengah malam dan para penonton tida diijinkan untuk meninggalkan tempat pertunjukan hingga pertunjukan selesai (biasanya batas tempat pertunjukan diberi garis sebagai pertanda batas pelindung magis si balian kepada para penonton)
jika seseorang nekat meninggalkan tempat pertunjukan sebelum acara selesai, maka dia akan diganggu oleh leak2 yang dipanggil oleh si balian atau bahkan terbunuh.

6. Hari Tumpek Wayang
merupakan hari yang jatuh pada "saniscara kliwon wayang" artinya Sabtu Kliwon wuku Wayang.
hari itu merupakan 1 hari paling angker bagi masyarakat bali, rata2 orang di bali tidak berani keluar saat matahari sudah terbenam, karena pada hari itu semua bhuta kala, leak dsbg sedang dipuncak kesaktian mereka dan lebih sering menampakkan diri.
bagi seorang anak yang lahir pada Tumpek Wayang diwajibkan untuk melakukan ruwatan dan mementaskan pagelaran wayang kulit 1 hari 1 malam sebelum berumur 1 tahun. karena mitos nya, orang yang terlahir di Tumpek Wayang merupakan persembahan bagi Bhatara Kala.


segitu aja dulu, seharusnya masih banyak.. kapan2 saya update ya! THX
Back to top Go down
View user profile
Mbah Moeng
Mbah Moeng


Lokasi : here
Status : ini status
Jumlah Post : 3934
Voucher Voucher : 40255
Reppo : 43
Join Date : 2010-08-22

PostSubject: Re: Mistis2 di Bali   Mon 06 Sep 2010, 12:19

@SK
wah nice info gann :D
untung gk tinggal di Bali :hammer:
Back to top Go down
View user profile
superkudit
Pahlawan Super
avatar

Lokasi : Bali
Status : Iam a Hero
Jumlah Post : 448
Voucher Voucher : 3597
Reppo : 14
Join Date : 2010-09-04

PostSubject: Re: Mistis2 di Bali   Mon 06 Sep 2010, 12:24

Senior hoooore wrote:

untung gk tinggal di Bali :hammer:

ahahahahahha... tapi kalo snior punya six sense katanya bali tempat yg bagus buat ngembanginnya lho...
Back to top Go down
View user profile
Mbah Moeng
Mbah Moeng


Lokasi : here
Status : ini status
Jumlah Post : 3934
Voucher Voucher : 40255
Reppo : 43
Join Date : 2010-08-22

PostSubject: Re: Mistis2 di Bali   Mon 06 Sep 2010, 12:31

Quote :
ahahahahahha... tapi kalo snior punya six sense katanya bali tempat yg bagus buat ngembanginnya lho...
punnya sih.. tapi blm bisa ngendaliinya :hammer:

males ke bali Lirik Kiri
entah kenapa Lirik Kiri
Back to top Go down
View user profile
Luna
Wizard of Hell
avatar

Lokasi : Rumah Sakit Jiwa
Status : lebih baik di rumah sendiri daripada di planet lain.
Jumlah Post : 180
Voucher Voucher : 933
Reppo : 9
Join Date : 2010-08-23

PostSubject: Re: Mistis2 di Bali   Mon 06 Sep 2010, 13:19

Wow mistis, saya suka ini...
Numpang baca yach ;)
Back to top Go down
View user profile
superkudit
Pahlawan Super
avatar

Lokasi : Bali
Status : Iam a Hero
Jumlah Post : 448
Voucher Voucher : 3597
Reppo : 14
Join Date : 2010-09-04

PostSubject: Re: Mistis2 di Bali   Mon 06 Sep 2010, 13:26

@snior hore : serius punya six sense? sama donk.. ehem.. jangan bilang siapa2 ya..
sebenarnya saya bisa terbang, kebal senjata tajam dan senjata api, lalu dari mata saya bisa menembakan sinar laser.. makanya nama saya superkudit

@snior luna : monggo
Back to top Go down
View user profile
Mbah Moeng
Mbah Moeng


Lokasi : here
Status : ini status
Jumlah Post : 3934
Voucher Voucher : 40255
Reppo : 43
Join Date : 2010-08-22

PostSubject: Re: Mistis2 di Bali   Mon 06 Sep 2010, 13:28

Quote :
@snior hore : serius punya six sense? sama donk.. ehem.. jangan bilang siapa2 ya..
sebenarnya saya bisa terbang, kebal senjata tajam dan senjata api, lalu dari mata saya bisa menembakan sinar laser.. makanya nama saya superkudit
=)) mirip superman


btw... pernah liat makhluknya?
Back to top Go down
View user profile
superkudit
Pahlawan Super
avatar

Lokasi : Bali
Status : Iam a Hero
Jumlah Post : 448
Voucher Voucher : 3597
Reppo : 14
Join Date : 2010-09-04

PostSubject: Re: Mistis2 di Bali   Mon 06 Sep 2010, 13:37

@snior hore : liat secara langsung sih belum pernah, ini info kebanyakan dari pengalaman temen n keluarga saya


Last edited by superkudit on Mon 06 Sep 2010, 13:44; edited 1 time in total
Back to top Go down
View user profile
Accel P
One Eyed Miharu
One Eyed Miharu
avatar

Lokasi : China
Status : 我们的游戏会比你更好 !!!
Jumlah Post : 1549
Voucher Voucher : 18075
Reppo : 25
Join Date : 2010-04-20

PostSubject: Re: Mistis2 di Bali   Mon 06 Sep 2010, 13:43

1 Cendol buat mengangkat Budaya Bali
ke sini :D

◘ ◘ ◘ ◘ ◘ ◘ ◘ ◘ ◘ ◘ ◘ ◘

Semua yang dimulai dengan rasa marah, akan berakhir dengan rasa malu (Benjamin Franklin)
Back to top Go down
View user profile http://www.cross-illusion.co.cc
superkudit
Pahlawan Super
avatar

Lokasi : Bali
Status : Iam a Hero
Jumlah Post : 448
Voucher Voucher : 3597
Reppo : 14
Join Date : 2010-09-04

PostSubject: Re: Mistis2 di Bali   Mon 06 Sep 2010, 13:45

@snior decla : wuih... te ha ex.. ini rencananya saya apdet, tapi masih cari info ke orang2 dulu.. tgg aja
Back to top Go down
View user profile
markubon
Senior E
Senior E
avatar

Lokasi : Phantomhive Mansion
Status : Sibuk
Jumlah Post : 459
Voucher Voucher : 4941
Reppo : 10
Join Date : 2010-08-12

PostSubject: Re: Mistis2 di Bali   Mon 06 Sep 2010, 14:23

walaupun bali mistisnya kuat (pernah nonton video leak)

tapi tetep aja bali adalah tempat exotis untuk berlibur 8)

saya pun liburan pengen lagi kesana (asal jangan nginep di karti inn <pernah diganggu di sana>)

Back to top Go down
View user profile
Yaden
Governor Tingkat Tinggi
Governor Tingkat Tinggi
avatar

Lokasi : Bandung, Indonesia
Status : Mau fokus ke projek, malah main terus.. XD
Jumlah Post : 1271
Voucher Voucher : 13175
Reppo : 15
Join Date : 2010-04-14

PostSubject: Re: Mistis2 di Bali   Mon 06 Sep 2010, 14:37

@superkudit:
Nice Info kk.. :thumbup:
saya pernah ke Bali waktu kecil..
terus pergi ke Pulau Tengkorak.. (tau nggak?? yang ada banyak tengkoraknya itu..)
nah, di daerah sana ada hal2 yang berbau kentut mistis ga??
kalo ada ceritain dong.. Thanks.. :sembah:

◘ ◘ ◘ ◘ ◘ ◘ ◘ ◘ ◘ ◘ ◘ ◘

[center]~ Selamat Datang di Kota ViXeP kita tercinta ini~!!
Sering-sering berkunjung kesini dan sharing yaa ~
Back to top Go down
View user profile http://vixep.forumsrpg.net
Sychev
New Citizen B
New Citizen B
avatar

Status : The only verifiable girl exists in VIXEP is only Shara, the rest of the girls are HOAXES that were made by cunning puppetmasters.
Jumlah Post : 34
Voucher Voucher : 470
Reppo : 0
Join Date : 2010-08-23

PostSubject: Re: Mistis2 di Bali   Tue 07 Sep 2010, 00:33

Kayaknya abis baca ini ada yang merinding nih
/me lirik d*************

Unsur mistikisme di Bali sebenernya sama-sama kuat seperti di Jawa, malah di Jawa mungkin lebih banyak versinya... still, nice post.
Back to top Go down
View user profile
superkudit
Pahlawan Super
avatar

Lokasi : Bali
Status : Iam a Hero
Jumlah Post : 448
Voucher Voucher : 3597
Reppo : 14
Join Date : 2010-09-04

PostSubject: Re: Mistis2 di Bali   Tue 07 Sep 2010, 12:42

@ snior nyemplung : iya.. makanya libur lebaran pada maen ke sini yak...
@ snior yaden : maksudnya desa Trunyan?? yang mayat2 orang di geletakin di tanah itu?
iya.. di bali rata2 upacara kematiannya tuh ngaben, tapi di Trunyan punya adat tersendiri, mayat disana cuma ditaruh diatas tanah sampe jadi kerangka, dan ajaibnya sama sekali gak ada bau busuk, itu karena sebuah pohon besar yang tumbuh tepat disana (liat kan??). Masyarakat Trunyat percaya pohon tersebut memiliki aura magis untuk menetralisir bau2 busuk dari mayat2 tsb.
@@snior sychev : yap... itu karena kebudayaan Jawa dan Bali sama2 dari kebudayaan Hindhu Budha, kata2 yang kayak gini pasti sudah familiar kan?
- Genderuwo = Ghandarwa
- Bhuto Kolo = Bhatara Kala

mungkin kalo di luar, beberapa orang2 yang memiliki pendidikan tinggi sudah tidak percaya sama hal2 mistis dsbg, tapi kalo orang bali mau dia dokter, dosen bahkan profesor sekalipun percaya sama hal-hal mistis seperti ini.
Back to top Go down
View user profile
Yaden
Governor Tingkat Tinggi
Governor Tingkat Tinggi
avatar

Lokasi : Bandung, Indonesia
Status : Mau fokus ke projek, malah main terus.. XD
Jumlah Post : 1271
Voucher Voucher : 13175
Reppo : 15
Join Date : 2010-04-14

PostSubject: Re: Mistis2 di Bali   Tue 07 Sep 2010, 13:01

@superkudit:
oh iya~!! ada pohon besar itu..
pantesan kagak bau.. (tapi wa ga percaya.. XD cuma gara2 itu doang.. XD )
nice share, nice info, nice post.. :thumbup:

◘ ◘ ◘ ◘ ◘ ◘ ◘ ◘ ◘ ◘ ◘ ◘

[center]~ Selamat Datang di Kota ViXeP kita tercinta ini~!!
Sering-sering berkunjung kesini dan sharing yaa ~
Back to top Go down
View user profile http://vixep.forumsrpg.net
superkudit
Pahlawan Super
avatar

Lokasi : Bali
Status : Iam a Hero
Jumlah Post : 448
Voucher Voucher : 3597
Reppo : 14
Join Date : 2010-09-04

PostSubject: Re: Mistis2 di Bali   Tue 07 Sep 2010, 13:12

@snior yaden : kata jero mangku (ketua adat) disana sih pohon itu (pohon waru kalo gk salah) memang bisa netralisir bau2an gitu, akar apa daunnya ya.. saya agak lupa.
Back to top Go down
View user profile
Konata_Izumi
Green-Haired Girl
Green-Haired Girl
avatar

Lokasi : Tempat dimana manga dan anime lengkap ~~
Jumlah Post : 546
Voucher Voucher : 5329
Reppo : 6
Join Date : 2010-09-28

PostSubject: Re: Mistis2 di Bali   Sun 17 Oct 2010, 06:50

Serem amat gaaan :shocked:

◘ ◘ ◘ ◘ ◘ ◘ ◘ ◘ ◘ ◘ ◘ ◘

I'm Konata_Izumi , Just an ordinary people :D

This Is Konata :D


:vixep: Hey ! Guest Ayo kita Ramaikan kembali :vixep: yang kita cintai ini !! :vixep:
Masa yang ol cuman member bersejarah semua ?? :malu: . Member yang baru baru ol dong :D Masa numpang lewat :D
:vixep:


I Support :




Proud to be member of :

Minta Cendolnya, dong.. :D

Back to top Go down
View user profile
Sponsored content




PostSubject: Re: Mistis2 di Bali   

Back to top Go down

 

Mistis2 di Bali

View previous topic View next topic Back to top 

 Similar topics

-
» Jual Pasir Bali aquarium laut (Available)
» Stok ikan masuk dari Bali semalam
» Stock Ikan Wins Aquatic tgl 12 Nov 2015
Page 1 of 1

Permissions in this forum:You cannot reply to topics in this forum
VIXEP - Make it, Share it, Play it :: Pinggiran Kota :: Haunted City-