VIXEP - Make it, Share it, Play it
Welcome to VIXEP CITY :vixep:!

Silahkan Log In terlebih dahulu jika anda sudah memiliki VIXEP Account, supaya anda dapat melakukan posting dan bergabung dengan VIXEP Citizen yang lainnya :D

Jika anda belum memiliki VIXEP Account, silahkan Register terlebih dahulu untuk memulai kehidupan baru di VIXEP CITY :D

- VIXEP Staff -


VIXEP - Make it, Share it, Play it
 
HomePortalUUDFAQSearchMemberlistUsergroupsRegisterLog in

Share | 
 

 Anak Sima : Pemakan Jantung

View previous topic View next topic Go down 
AuthorMessage
markubon
Senior E
Senior E
avatar

Lokasi : Phantomhive Mansion
Status : Sibuk
Jumlah Post : 459
Voucher Voucher : 4941
Reppo : 10
Join Date : 2010-08-12

PostSubject: Anak Sima : Pemakan Jantung   Wed 25 Aug 2010, 08:17

Cerita rakyat Anak Sima ini penuh misteri, ada beberapa sumber yang saya temui menceritakan bahwa sewaktu beliau kecil memang pernah mendengar jeritan tangis Anak Sima. Cerita ini berkembang di daerah hulu sungai, waktu itu pernah menjadi cerita yang menghebohkan tetapi sekarang tidak banyak lagi anak muda yang mengetahui kisahnya.

Anak Sima berasal dari anak kapang (anak terlahir dari hubungan tidak sah), karena merupakan anak hubungan gelap maka ibu sang bayi membuangnya ke dalam hutan lebat setelah dilahirkan, untuk membuang rasa malu. Bayi yang baru lahir ini menangis sejadi-jadinya karena ia merasa lapar dan kedinginan. Berhari-hari menangis tidak ada seorang pun yang mendengar sehingga hampir mati.

Tiba-tiba saat itu lewatlah Takau (jenis hantu paling kuat dalam cerita rakyat Kalsel, bisa berubah bermacam bentuk dan ilmunya sangat tinggi). Takau yang lewat ini sangat kelaparan, saat ia mendengar tangisan bayi segera ia menuju ke sumber suara.

” aumm (takau dalam bentuk macan) laparnya ai parut ku, nyaman banar bisa bayi ngini lamun kumakan” geram Takau (lapar sekali perutku, sungguh lezat kalau bayi ini kumakan).
Takau pun segera mendekati bayi itu, bayi yang menangis disentuhnya tiba-tiba berhenti menangis. Takau terpesona melihat kecakapan anak ini. Rambutnya ikal,hidung mancung, matanya bulat, bibirnya merah delima, dan tersenyum dengan sangat manis. Takau berubah menjadi bentuk manusia, digendongnya dengan mesra bayi itu, di dalam hatinya tidak ada lagi maksud untuk memakan bayi ini.

“bah, baik ku bawa bulik haja bayi ngini, bungas banar, kujadiakan anakku, kusayangi wan kupalihara” kata Takau kegirangan (wah, sebaiknya kubawa pulang saja bayi ini, cantik sekali, aku jadikan anakku, aku sayangi dan aku pelihara). Bertahun-tahun Takau memelihara bayi yang diberinya nama Anak Sima, tetapi anehnya Anak Sima ini tidak bertambah dewasa bentuknya tetap seorang bayi. Karena dipelihara oleh hantu, maka Anak Sima pun memiliki ilmu hantu dari Takau. Takau dan Anak Sima selalu mengembara ke hutan-hutan, kadang digendong kadang dihambin (digendong di punggung/dibopong) Takau sangat menyayangi Anak Sima. Saat Anak Sima lapar maka ia akan pergi sendiri mencari makanannya. Jenis makanan yang paling disukai Anak Sima adalah jantung manusia hidup.

Anak Sima mempunyai ilmu yang lumayan hebat semacam ilmu pengasih, dengan tangisannya orang akan terpesona sehingga mencari-cari sumber suara, setelah orang itu mendekat Anak Sima dengan mesra akan memanggil orang itu ‘Uma-Uma’ (mama). Orang yang dipanggil akan merasa kasihan dan sayang sehingga tidak mampu menahan keinginan untuk menggendong Anak Sima.

Pada suatu ketika, ada seorang ibu tua yang sedang mengumpulkan kayu bakar memasak di hutan. Tiba-tiba ia dikejutkan oleh bunyi suara tangisan bayi, meskipun dalam pikirannya bingung ada tangis bayi dalam hutan, tetapi tangisan itu sangat menggoda untuk dicari. Diperhatikannya sekeliling untuk mencari sumber tangisan itu, didekatinya, ketika sampai dibawah pohon dilihatnya ada seorang bayi yang sangat cantik rupanya.

“Uma” ujar bayi itu. Perempuan tua sangat terkejut mendengar panggilan itu. Langsung saja timbul rasa iba dan sayangnya pada bayi ini. Segera didekatinya bayi yang tadi memanggilnya dengan sebutan mama.

“kur sumangat, anakku” ujarnya (semacam panggilan orang Melayu Banjar, maksudnya mengembalikan semangat yang hilang). Bayi ini segera digendongnya, tetapi anehnya si bayi hanya mau dihambin. Kehendaknya dituruti oleh ibu tua, dalam perjalanan pulang ke rumah dihambinnya bayi ini yang tak lain adalah Anak Sima.

Semakin jauh perjalanan, si perempuan tua semakin merasakan punggungnya berat dan pedih, padahal si bayi badannya ringan. Karena tidak tahan lagi ia pun menengok ke belakang, tetapi yang dilihatnya sangat mengerikan, Anak Sima sedikit demi sedikit memakan daging punggungnya sampai berlubang setelah itu diambilnya jantung kemudian dimakannya. Perempuan tua yang sudah diambil jantungnya segera ditinggalkan lari ke dalam hutan.

Begitulah cara Anak Sima menjerat korbannya. Begitu banyak korban berjatuhan di dalam hutan karena terpesona oleh Anak Sima ini. Semua korban ditemukan dalam keadaan yang hampir sama, tubuh bagian belakang berlubang dan jantungnya telah hilang.

Di daerah yang menjadi sumber cerita ini, sering terdengar bunyi tangisan bayi di samping rumah. Bayi ini menangis sambil memanggil Uma kepada orang di dalam rumah. Bagi yang sudah tahu maka akan menyahut “Aku lainan uma ikam. Uma ikam di anu / di kampung anu” (aku bukan ibumu, ibumu di anu / di kampung anu). Maka Anak Sima yang mendengar jawaban tadi akan segera pergi ke tempat yang disebutkan oleh yang punya rumah. Sehingga terhindarlah mereka dari ancaman Anak Sima.

Menurut kepercayaan, rambut Anak Sima mampu memberi ilmu. Barangsiapa yang memiliki rambut Anak Sima akan mempunyai ilmu menghilang, kebal senjata, dan kaya raya. Tetapi sampai saat ini menurut cerita tidak ada seorang pun yang mampu menangkap Anak Sima untuk dipotong rambutnya.

credit..: kerajaanbanjar.wordpress.com
Back to top Go down
View user profile
Vsio
[Moderation Advisor][Stitched][Aether][Existence Surfer][Unknown][Undefined]
[Moderation Advisor][Stitched][Aether][Existence Surfer][Unknown][Undefined]
avatar

Lokasi : Between Existence and Anti-Existence
Status : Infection begins!
Jumlah Post : 505
Voucher Voucher : 5194
Reppo : 12
Join Date : 2010-08-23

PostSubject: Re: Anak Sima : Pemakan Jantung   Wed 25 Aug 2010, 08:23

Wah wah...
Cerita yang berkembang menjadi cerita misteri...

Hmmm... kalau soal rambutnya.... kalau dapat...mending dikloning aja biar rambutnya lebih banyak lagi XD sekaligus disedekahin biar membantu sesama XD

◘ ◘ ◘ ◘ ◘ ◘ ◘ ◘ ◘ ◘ ◘ ◘

Situsku: Stitched
Guest, kasih Internet donk gan! (Tenang, internet di sini maksudnya adalah cendol XD)

Guest /\^w^/\, share proyek Anda di Sini
Back to top Go down
View user profile http://www.stitched.netai.net
Mbah Moeng
Mbah Moeng


Lokasi : here
Status : ini status
Jumlah Post : 3934
Voucher Voucher : 40255
Reppo : 43
Join Date : 2010-08-22

PostSubject: Re: Anak Sima : Pemakan Jantung   Wed 25 Aug 2010, 08:34

@ninyem
cerita baguss gann

Quote :
Menurut kepercayaan, rambut Anak Sima mampu memberi ilmu. Barangsiapa yang memiliki rambut Anak Sima akan mempunyai ilmu menghilang, kebal senjata, dan kaya raya. Tetapi sampai saat ini menurut cerita tidak ada seorang pun yang mampu menangkap Anak Sima untuk dipotong rambutnya.
kalau gak ada yang mampu ngmbil rambutnya kok bisa tau khasiatnya?
Back to top Go down
View user profile
Vsio
[Moderation Advisor][Stitched][Aether][Existence Surfer][Unknown][Undefined]
[Moderation Advisor][Stitched][Aether][Existence Surfer][Unknown][Undefined]
avatar

Lokasi : Between Existence and Anti-Existence
Status : Infection begins!
Jumlah Post : 505
Voucher Voucher : 5194
Reppo : 12
Join Date : 2010-08-23

PostSubject: Re: Anak Sima : Pemakan Jantung   Wed 25 Aug 2010, 08:37

hoooore wrote:
@ninyem
cerita baguss gann

Quote :
Menurut kepercayaan, rambut Anak Sima mampu memberi ilmu. Barangsiapa yang memiliki rambut Anak Sima akan mempunyai ilmu menghilang, kebal senjata, dan kaya raya. Tetapi sampai saat ini menurut cerita tidak ada seorang pun yang mampu menangkap Anak Sima untuk dipotong rambutnya.
kalau gak ada yang mampu ngmbil rambutnya kok bisa tau khasiatnya?


benar juga.... itu patut dipertanyakan... :hmm:

Mmm...kesimpulannya, bisa dibilang itu berasal dari sugesti masyarakat.

◘ ◘ ◘ ◘ ◘ ◘ ◘ ◘ ◘ ◘ ◘ ◘

Situsku: Stitched
Guest, kasih Internet donk gan! (Tenang, internet di sini maksudnya adalah cendol XD)

Guest /\^w^/\, share proyek Anda di Sini
Back to top Go down
View user profile http://www.stitched.netai.net
markubon
Senior E
Senior E
avatar

Lokasi : Phantomhive Mansion
Status : Sibuk
Jumlah Post : 459
Voucher Voucher : 4941
Reppo : 10
Join Date : 2010-08-12

PostSubject: Re: Anak Sima : Pemakan Jantung   Wed 25 Aug 2010, 08:44

aah mitoos

hiihi
Back to top Go down
View user profile
yukitou
Royal Bot Scout
Royal Bot Scout
avatar

Lokasi : Banjarmasin
Status : AAAA :seriosa: Jangan!!!
Jumlah Post : 228
Voucher Voucher : 3006
Reppo : 11
Join Date : 2010-08-25

PostSubject: Re: Anak Sima : Pemakan Jantung   Wed 25 Aug 2010, 11:59

Hii... Mana ulun di banjar pula...
Mudah-mudahan ulun kada kenapa2
*soksokan bahasa banjar padahal ga bisa

◘ ◘ ◘ ◘ ◘ ◘ ◘ ◘ ◘ ◘ ◘ ◘

Hai Guest, mau cireng isi kismis?



visit : my deviantart








Number 6
Back to top Go down
View user profile
Edgar
New Citizen B
New Citizen B
avatar

Jumlah Post : 35
Voucher Voucher : 370
Reppo : 0
Join Date : 2010-08-24

PostSubject: Re: Anak Sima : Pemakan Jantung   Wed 25 Aug 2010, 13:45

Wuih panjang amat kakak
gag kebaca XD
Back to top Go down
View user profile
Luna
Wizard of Hell
avatar

Lokasi : Rumah Sakit Jiwa
Status : lebih baik di rumah sendiri daripada di planet lain.
Jumlah Post : 180
Voucher Voucher : 933
Reppo : 9
Join Date : 2010-08-23

PostSubject: Re: Anak Sima : Pemakan Jantung   Wed 25 Aug 2010, 15:17

Walau saya tidak pernah dengar cerita seperti ini, tapi ceritanya bagus :D

@yuki-chan : dibanjar mana? siapa tau di sebelah anda tinggal lol
Back to top Go down
View user profile
KuroZu
The 'Blue'
The 'Blue'
avatar

Lokasi : Medan
Status : Ini bukan status
Jumlah Post : 1070
Voucher Voucher : 11166
Reppo : 13
Join Date : 2010-08-22

PostSubject: Re: Anak Sima : Pemakan Jantung   Wed 25 Aug 2010, 15:26

Membacanya ampe merindinr uey..!!! XD
mantap nie ceritanya..! XD

◘ ◘ ◘ ◘ ◘ ◘ ◘ ◘ ◘ ◘ ◘ ◘


:haha: :D :D XD Sekarang Vixep Berumur 3022 Hari XD :D :D :haha:
:hb: Mari kita menunggu hari Wed 14 Apr 2010, 14:30. Karena itu hari lahirnya :vixep:. :hb:

:vixep: Selamat datang kepada Eruku :vixep:

Hi, Guest ! Thanks for visiting :vixep:. Hope you enjoy your visit at :vixep:
Back to top Go down
View user profile
Win_Amp
Rise of ViXeP Devil
Rise of ViXeP Devil
avatar

Lokasi : di atas tanah di bawah langit
Status : Triple :v
Jumlah Post : 2462
Voucher Voucher : 23219
Reppo : 16
Join Date : 2010-08-22

PostSubject: Re: Anak Sima : Pemakan Jantung   Wed 25 Aug 2010, 15:55

@nn : nice post :thumbup:

◘ ◘ ◘ ◘ ◘ ◘ ◘ ◘ ◘ ◘ ◘ ◘

hi Guest,Welcome to :vixep: ! our lovely forum

for new citizen rule can be read here

please enjoy your visit here. :)



█████░█░░░█░░███░░█░░░█░█░░█░░████░░░░█████░░███░░███░
░░█░░░█░░░█░█░░░█░██░░█░█░█░░█░░░░░░░░█░░░░░█░░░█░█░░█
░░█░░░█████░█░░░█░█░█░█░██░░░░███░░░░░███░░░█░░░█░███░
░░█░░░█░░░█░█████░█░░██░█░█░░░░░░█░░░░█░░░░░█░░░█░█░█░
░░█░░░█░░░█░█░░░█░█░░░█░█░░█░████░░░░░█░░░░░░███░░█░░█

█████░█░░░█░█████░
░░█░░░█░░░█░█░░░░░
░░█░░░█████░█████░
░░█░░░█░░░█░█░░░░░
░░█░░░█░░░█░█████░

░███░░█████░█████░█████░█░░░█░█████░░░█░░░░███░░█░░░█
█░░░█░░░█░░░░░█░░░█░░░░░██░░█░░░█░░░░░█░░░█░░░█░██░░█
█░░░█░░░█░░░░░█░░░█████░█░█░█░░░█░░░░░█░░░█░░░█░█░█░█
█████░░░█░░░░░█░░░█░░░░░█░░██░░░█░░░░░█░░░█░░░█░█░░██
█░░░█░░░█░░░░░█░░░█████░█░░░█░░░█░░░░░█░░░░███░░█░░░█
Back to top Go down
View user profile
Warrior P
Pemulung Bekas Polisi
Pemulung Bekas Polisi
avatar

Lokasi : TPA
Status : I'm back and ready to kick some a$$ xD
Jumlah Post : 322
Voucher Voucher : 3417
Reppo : 6
Join Date : 2010-08-22

PostSubject: Re: Anak Sima : Pemakan Jantung   Wed 25 Aug 2010, 16:56

wogh
serem...
btw, kalo dibuat game seru ga ya :kabur:
Back to top Go down
View user profile
Win_Amp
Rise of ViXeP Devil
Rise of ViXeP Devil
avatar

Lokasi : di atas tanah di bawah langit
Status : Triple :v
Jumlah Post : 2462
Voucher Voucher : 23219
Reppo : 16
Join Date : 2010-08-22

PostSubject: Re: Anak Sima : Pemakan Jantung   Wed 25 Aug 2010, 17:01

@warrior : kurang tau w :hmm:

◘ ◘ ◘ ◘ ◘ ◘ ◘ ◘ ◘ ◘ ◘ ◘

hi Guest,Welcome to :vixep: ! our lovely forum

for new citizen rule can be read here

please enjoy your visit here. :)



█████░█░░░█░░███░░█░░░█░█░░█░░████░░░░█████░░███░░███░
░░█░░░█░░░█░█░░░█░██░░█░█░█░░█░░░░░░░░█░░░░░█░░░█░█░░█
░░█░░░█████░█░░░█░█░█░█░██░░░░███░░░░░███░░░█░░░█░███░
░░█░░░█░░░█░█████░█░░██░█░█░░░░░░█░░░░█░░░░░█░░░█░█░█░
░░█░░░█░░░█░█░░░█░█░░░█░█░░█░████░░░░░█░░░░░░███░░█░░█

█████░█░░░█░█████░
░░█░░░█░░░█░█░░░░░
░░█░░░█████░█████░
░░█░░░█░░░█░█░░░░░
░░█░░░█░░░█░█████░

░███░░█████░█████░█████░█░░░█░█████░░░█░░░░███░░█░░░█
█░░░█░░░█░░░░░█░░░█░░░░░██░░█░░░█░░░░░█░░░█░░░█░██░░█
█░░░█░░░█░░░░░█░░░█████░█░█░█░░░█░░░░░█░░░█░░░█░█░█░█
█████░░░█░░░░░█░░░█░░░░░█░░██░░░█░░░░░█░░░█░░░█░█░░██
█░░░█░░░█░░░░░█░░░█████░█░░░█░░░█░░░░░█░░░░███░░█░░░█
Back to top Go down
View user profile
Luna
Wizard of Hell
avatar

Lokasi : Rumah Sakit Jiwa
Status : lebih baik di rumah sendiri daripada di planet lain.
Jumlah Post : 180
Voucher Voucher : 933
Reppo : 9
Join Date : 2010-08-23

PostSubject: Re: Anak Sima : Pemakan Jantung   Wed 25 Aug 2010, 17:59

@warior : kalo mirip clock tower atau fatal frame bagus aja
Kalo spritenya pake rtp, ga serem deh XD
Back to top Go down
View user profile
markubon
Senior E
Senior E
avatar

Lokasi : Phantomhive Mansion
Status : Sibuk
Jumlah Post : 459
Voucher Voucher : 4941
Reppo : 10
Join Date : 2010-08-12

PostSubject: Re: Anak Sima : Pemakan Jantung   Thu 26 Aug 2010, 07:30

@war

bener kata cc luna, garing make rtp ma

btw, ada yang bilang bagus, cendol dong gan :kabur:
Back to top Go down
View user profile
Mbah Moeng
Mbah Moeng


Lokasi : here
Status : ini status
Jumlah Post : 3934
Voucher Voucher : 40255
Reppo : 43
Join Date : 2010-08-22

PostSubject: Re: Anak Sima : Pemakan Jantung   Thu 26 Aug 2010, 07:37

Kalo dijadiin game, kapan jadinya nih? :hmm:
Back to top Go down
View user profile
Luna
Wizard of Hell
avatar

Lokasi : Rumah Sakit Jiwa
Status : lebih baik di rumah sendiri daripada di planet lain.
Jumlah Post : 180
Voucher Voucher : 933
Reppo : 9
Join Date : 2010-08-23

PostSubject: Re: Anak Sima : Pemakan Jantung   Thu 26 Aug 2010, 08:14

Mungkin akan makan waktu lama,
karena unsur gambar seram, ruangan gelap, hutan, efek suara serigala atau burung hantu, dll
mending dibuat mirip clock tower yang nintendo, cuma 2D dan kiri kanan aja, tapi cukup seram karena ada manusia gunting (jika tidak salah leperchaun)
Back to top Go down
View user profile
Sponsored content




PostSubject: Re: Anak Sima : Pemakan Jantung   

Back to top Go down

 

Anak Sima : Pemakan Jantung

View previous topic View next topic Back to top 

 Similar topics

-
» Piranha !!!!!
» Jenis-jenis Ikan Predator yang biasa dipelihara
» Cara Packing Ikan Arwana untuk kirim ke Luar Kota
» Beberapa jenis Cupang hias
» Ternak convict cichlid
Page 1 of 1

Permissions in this forum:You cannot reply to topics in this forum
VIXEP - Make it, Share it, Play it :: Pinggiran Kota :: Haunted City-